Home » » Mengukur Waktu Anda

Mengukur Waktu Anda



Ada satu system manajemen waktu sederhana yang bisa Anda gunakan untuk mengatasi penundaan. Hal ini memang menuntut disiplin-diri, tekad kuat, dan organisasi diri, namun balasannya setimpal.  Kalau menggunakan system ini, Anda bisa melipatgandakan atau bahkan melipatgandakan produktivitas, kinerja, keluaran, juga pendapatan Anda.
                Sebelum memulai setiap hari, awali dengan membuat daftar semua yang harus Anda kerjakan hari itu. Saat terbaik untuk membuat daftar ini adalah petang sebelumnya, di pengujung hari kerja, sehingga pikiran bawah sadar Anda bisa mengerjakan daftar aktivitas itu di saat Anda tidur. Anda akan kerap bangun dengan gagasan serta pemahaman bagaimana bisa secara lebih efektif menyelesaikan tugas-tugas hari itu.
                Setelah itu, aplikasikan metode A B C D E ke daftar Anda :
A = “Wajib dikerjakan” – memiliki konsekuensi serius jika tidak diselesaikan;
B = “Mesti dikerjakan” – memiliki sedikit konsekuensi jika dikerjakan atau tidak dikerjakan;
C = “Bagus kalau dikerjakan” – tidak memiliki konsekuensi apapun baik dikerjakan maupun tidak;
D= “Bisa didelegasikan”-segala sesuatu yang mungkin bisa Anda lakukan untuk membebaskan lebih banyak waktu bagi hal-hal yang bisa dikerjakan oleh Anda
E= “Hilangkan”-Hentikan semua tugas dan aktivitas yang tidak lagi penting bagi pekerjaan Anda dan aktivitas yang tak lagi penting bagi pekerjaan Anda dan peraihan tujuan Anda.

Lihat kembali daftar aktivitas Anda untuk hari esok dan tulis A, B, C, D, atau E di sebelah masing-masing tugas sebelum Anda memulai.
                Jika Anda mempunyai beberapa tugas “A”, berikan peringkat arti penting mereka dengan menuliskan A-1, A-2, A-3, dan seterusnya. Juga lakukan tugas ini pada B dan C Anda.
                Peraturannya adalah Anda tidak boleh melakukan tugas B ketika masih ada tugas A yang belum terselesaikan. Anda tidak boleh mengerjakan tugas dengan nilai lebih rendah ketika masih ada tugas dengan nilai lebih tinggi di hadapan.

Sekali Anda mengorganisasi daftar dengan system ini, disiplinkan diri untuk terlebih dulu mengawali dengan tugas A-1 di pagi hari sebelum melakukan yang lain.
Comments
0 Comments

0 comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.