Prinsip Pergaulan



Ada sebuah pengaruh yang penting dalam membentuk orang yang Anda inginkan namun termasuk salah satu yang paling sedikit dipahami. Hubungan Anda dengan orang lain, orang-orang yang Anda ijinkan untuk memasuki kehidupan Anda. Pernahkah Anda berpikir tentang bagaimana orang lain membentuk kehidupan Anda? Jangan pernah meremehkan kekuatan pengaruh.Pengaruh dari orang di sekitar kita demikian kuat, halus dan tidak kentara sehingga kita sering tidak menyadarinya.

Pikirkan hal ini. Bila Anda dikelilingi orang-orang yang menghabiskan seluruh penghasilannya, maka Anda berpeluang menjadi pemboros. Bila Anda di kelilingi orang-orang yang lebih suka permainan gulat dari pafa konser, wajar bila Anda kemudian menyukainya. 

Bahkan, bila Anda dikitari orang-orang yang menghalalkan penipuan yang ringan, Anda pun terbujuk untuk suka menipu. Orang dapat memberikan pengaruh tersebut, sampai suatu ketika, sepuluh tahun mendatang Anda bertanya kepada diri sendiri, “Bagaimana saya sampai disini?”

Dan itu bukan saat yang membahagiakan……..

Untuk menghindari pemborosan waktu bersama kelompok yang salah, Anda perlu mengajukan pertanyaan ini kepada diri sendiri:


  1. Dengan siapa yang menghabiskan waktu?
  2. Apa yang mereka lakukan pada saya?
  3. Apakah kumpulan ini berpengaruh baik pada saya?


          Jangan mengabikan pertanyaan ini. Perhatikan saat-saat Anda bersama-sama dengan masing-masing teman Anda. Apakah positif dan konstruktif atau negative dan destruktif?

            Bila tidak yakin, pikirkan tentang hal-hal ini:


  • 1.      Apa yang mereka suruh untuk Anda lakukan?
  • 2.      Apa yang mereka suruh untuk Anda dengarkan?
  • 3.      Apa yang mereka suruh untuk Anda baca?
  • 4.      Apa yang mereka suruh untuk Anda tuju?
  • 5.      Apa yang mereka suruh untuk Anda pikirkan?
  • 6.      Bagaimana cara mereka mengajak Anda berbicara?
  • 7.      Bagaimana perasaan Anda bersama mereka?
  • 8.      Apa yang mereka suruh untuk Anda katakana?


Akhirnya, setelah Anda benar-benar mempertimbangkan ini, tanyakan diri Anda satu pertanyaan terakhir: Apakah persahabatan saya membantu saya tumbuh kearah cita-cita yang saya susun dan saya pilih? Jika Anda cukup beruntung untuk menjawab ya untuk pertanyaan ini, saya turut gembira. Tapi jika Anda tidak begitu yakin, maka inilah saatnya untuk mengevaluasi hubungan Anda dengan beberapa orang penting dalam hidup Anda.

Tidak sulit untuk mengabaikan pertanyaan tentang pengaruh ini. Seseorang berkata, “Saya hidup di sini, tapi tidak kenapa-kenapa. Saya dikelilingi orang-orang ini, toh mereka tidak menyusahkan saya.” Dia keliru, Semua itu berpengaruh! Ada kalimat yang baik yang perlu diingar : SEGALANYA BERPENGARUH.

Hal ini berhubungan dengan realitas, bukan khayalan. Salah satu tujuan dari catatan ini untuk membuat Anda mengatakan, “ Saatnya saya mengakhiri hari-hari saya memperbodoh diri. Saya benar-benar ingin tahu telah jadi apa dan akan jadi apa saya. Saya ingin tahu kelebihan dan kekurangan saya, kekuatan apa yang menguasai saya, dan apa yang saya ijinkan mempengaruhi hidup saya.”

Jadi simaklah. Segala yang bermanfaat, sepatutnya mendapatkan perhatian lebih, khususnya kekuatan pengaruh.

Barang kali Anda pernah mendengar cerita tentang burung laying-layang kecil…….

Burung itu menutupi satu matanya dengan sayapnya dan menangis sedih. Seekor burung hantu terbang melintas dan bertanya, “Burung kecil, ada apa?” Burung laying-layang itu mengepakkan sayapnya dan menunjukkan luka yang menyebabkan kehilangan sebelah penglihatannya. “Sekarang saya mengerti”, seru si burung hantu, sambil berkedip, “Kamu menangis karena burung gagak mematuk matamu!” “Tidak”. Jawab burung laying-layang dengan sedih, “ Saya menangis bukan karena burung gagak itu mematuk mata saya; saya menangis karena membiarkannya melakukan itu. 

Adakah orang yang mematuk penglihatan Anda? Adakah orang yang mencoba membuat Anda buta untuk tidak dapat melihat impian Anda? Mudah sekali membiarkan pengaruh membenruk kehidupan kita, khususnya pengaruh negarif. Mudah untuk membiarkan kelompok ita menentukan tujuan kita, dan membiarkan tekanan membentuk kita. Pertanyaannya adalah, apakah ini yang Anda inginkan?

Apkah Anda ingin menjadi apa yang Anda inginkan, mencapai yang Anda inginkan, memperoleh yang Anda inginkan, atau membiarkan orang lain mencuri impian Anda?

enimart, jim rohn, Persahabatan yang Membantu Anda Tumbuh Kearah Cita-Cita


Comments
0 Comments

0 comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.